"Harga yang tercantum sebaiknya digunakan hanya sebagai pedoman, Karena harga dapat berubah dari waktu ke waktu."

Sabtu, 03 November 2012

Tips Berlibur di Yogyakarta

Siapa tak kenal Yogyakarta? Semua orang tahu, Yogyakarta merupakan tempat yang wajib dikunjungi saat mengisi liburan akhir tahun atau liburan sekolah. Pilihan tempat wisata di Yogyakarta pun beragam, seperti mengunjungi istana, mengunjungi Candi Prambanan, atau ke Parangtritis dan banyak lagi. Tak kalah penting, Anda dan keluarga Anda harus membekali diri dengan berbagai tips tentang tempat wisata di Yogyakarta di bawah ini.

1. Waspadalah terhadap pencopet

Terutama ketika kerumunan di Malioboro, berhati-hatilah dengan dompet Anda. Simpan di tempat yang aman, di dalam tas, di saku celana depan, atau tinggalkan barang-barang berharga di kamar hotel dan membawa bekal secukupnya. Jangan menunjukkan barang-barang berharga seperti perhiasan yang mencolok, ponsel, dan lain-lain karena akan menarik perhatian pencopet.

2. Di obyek wisata

Ketika Anda akan memasuki tempat wisata, misalnya Borobudur, Kraton, dan lainnya, biasanya Anda akan "diserbu" oleh pedagang asongan dengan berbagai barang dagangan. Jika Anda tidak tertarik atau tidak berniat membeli, jangan mencoba untuk tawar-menawar. Lebih baik untuk meninggalkan itu dengan baik dan tidak tidak peduli.
Siapkan uang receh
Jika suatu saat Anda didekati oleh sekelompok anak jalanan, pengemis, dan seniman jalanan, lebih baik anda berikan sekedarnya Rp 500 atau Rp 1.000 daripada harus dibuat tidak nyaman oleh mereka.

Dilarang merokok
Terutama di istana, Anda tidak diperbolehkan untuk merokok dan berperilaku / gaun yang kurang sopan.

3. Becak
Suatu saat ketika Anda harus pergi untuk berjalan-jalan di sekitar kota, Anda bisa menggunakan transportasi becak. Anda harus menawar, terutama jika tukang becak tahu Anda adalah wisatawan yang dianggap belum tahu keadaan Yogyakarta. Anda akan dikenakan biaya dengan tarif tinggi. Meminta staf hotel Anda atau memandu Anda jika Anda ingin melakukan perjalanan, baik dengan becak maupun transportasi lainnya. Jangan tergoda oleh tawaran dari tukang becak untuk membawa Anda membeli souvenir, seperti bakpia, kaos Dagadu, dan sebagainya.

4. Khas makanan

Yogya adalah hangat makanan khas, bakpia Pathok, geplak, yangko, ampyang, kacang penyok Bantul (lebih besar, padat, renyah, dan gurih), kipo (makanan tradisional khas Kotagede sangat langka).

5. Lesehan

Sebelum Anda makan, tanyakan dulu berapa harga per porsi. 

6. Siapkan transportasi,

karena lokasi yang dikunjungi di Yogyakarta cukup berjauhan, penting untuk dipersiapkan agar tidak menguras kantong karena penggunaan kendaraan umum. Solusi: Di ​​Yogyakarta ada banyak persewaan mobil atau sepeda motor dengan harga murah. Cukup berbekal peta jogjakarta dan siap bertanya (orang Jogja sangat ramah kok-red). Sepeda motor sewa lokasi dapat ditemukan di Jl. Pasar Kembang (selatan jalan dari stasiun Tugu)

7. Buatlah Rencana 

Membuat rencana untuk kunjungan wisata, hal ini perlu untuk menghemat biaya waktu dan transportasi

8. Tempat tinggal
Tidak perlu khawatir tentang tempat tinggal, karena penginapan Yogyakarta banyak sekali dari mulai guesthouses sampai hotel bintang lima. Jika dana terbatas, banyak pilihan hostel harga terjangkau di daerah tetapi bersih seperti di daerah Sosrowijayan (barat Malioboro)

9. Tempat untuk makan, 

CATATAN penting jika Anda ingin makan di kawasan Malioboro atau tempat wisata di sekitar Yogyakarta, pertama meminta harga makanan atau meminta daftar harga makanan. Karena akhir-akhir ini ada pedagang yang menjual makanan dan nakal-gunakan momen liburan untuk menaikkan harga.

10. Souvenir belanja, belanja untuk souvenir di kawasan Malioboro mulai dengan 60% tawaran harga yang ditawarkan.